Pages

Kamis, 29 Desember 2011

Rumah-Bernafas

Rumah-Bernafas, Sayembara Rumah Mungil Hijau SRI 2010

 

Green
Bangunan hijau merupakan bangunan yang mengutamakan kenyamanan thermal, sirkulasi udara maupun pencahayaan yang baik sehingga rumah dikatakan cukupdalam menggunakan energi buatan. Desain bangunan hemat dan sederhana, dengan elemen hijau sebagai dicapai melalui reduce, reuse, dan recycle.


Reduce, Reuse, Recycle
Bangunan dirancang terbuka di dalam agar program ruang lebih efisien dan menghemat luasan bangunan (reduce). Keberadaan dua taman dan tumbuhan hijau membuat sirkulasi udara dalam ruangan dapat terus berputar (bernafas). Dengan luas bangunan yang lebih sedikit, penggunaan bahan seperti beton bisa dikurangi, karena pembuatan beton termasuk boros energi alam seperti air dan agregat lain dan juga mengakibatkan sampah. 

Elemen bangunan dirancang dengan menggunakan kembali barang sisa pembangunan (reuse), seperti kayu bekisting untuk desain rak, jendela maupun pintu, serta bambu perancah untuk pergola. 
Pemanfaatan potensi alam juga dapat diterapkan dalam bangunan. air hujan disalurkan air hujan menuju tanki air sebagai sumber air tambahan. Serta, pembuatan area kompos pada taman dalam dan biopori pada taman (recycle).

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com