Pages

Jumat, 13 Januari 2012

DESAIN FUTURISTIK PUSAT RISET TSUNAMI

DESAIN FUTURISTIK PUSAT RISET TSUNAMI

Tsunami Marine Research Center muncul dengan bentuk yang cukup futuristik, karena desain itu sebenarnya diilhami oleh struktur gelombang tsnumai itu sendiri. Dirancang oleh Maine-based +Solus4, merupakan desain konsep untuk sebuah Pusat Penelitian Lepas Pantai dimana ini adalah hasil sayembara yang disponsori bersama oleh Arquitectum dan Universitas Pelita Harapan di Indonesia.


Seperti diketahui pada tahun 2004, Indonesia ditimpa bencana Tsunami yang maha dasyat yang datang dari samudera Hindia yang menimbulakan korbantewas dan hilang hingga ratusan ribu jiwa. Sayembara ini dimaksudkan untuk mengatasi kebutuhan akan riset tentang tsunami dan pengembangan langkah-langkah penanggulangan bencana yang efektif. Tanggapan +Solus4 terhadap materi yang disodorkan adalah membuat bentuk bangunan yang seakan "bergelombang atau berombak" yang didalamnya menyediakan ruang untuk studi dan penelitian.

Konsep untuk bangunan seluas 2.500 meter persegi adalah bentukan putih yang kokoh terletak sekitar 150 meter dari garis pantai dari Pantai Kuta di Bali. Jendela besar memberikan pemandangan lingkungan laut sekitarnya, sementara dibawahnya kita bisa melihat pemandangan bawah air menawarkan pemandangan kehidupan bawah laut. Pusat riset ini juga menyediakan ruang untuk laboratorium penelitian, tempat tinggal bagi para ilmuwan, kolam air laut, sebuah perpustakaan taman air dan auditorium.

Desain pusat penelitian terinspirasi mengambil bentuk gelombang tsunami yang berproliferasi melintasi air. Selain mengambil inspirasi bentukan dari alam, pusat riset ini juga akan hemat energi dan mampu menghasilkan tenaga sendiri dan air bersih tentunya. Sebuah generator pasang surut akan digunakan bersama dengan photovoltaics untuk menghasilkan listrik, sedangkan panel surya akan turut andil mengurangi penggunaan energi. Air hujan akan dikumpulkan kemudian dengan sistem konversi akan menyediakan air bersih untuk fasilitas air bersih pusat riset ini. Sedangkan Air laut (yang dioalh dulu tentunya) akan digunakan untuk memberikan pendinginan pada kulit bangunan. (via: + Solus4)








0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com