Pages

Jumat, 13 Januari 2012

RUMAH DALAM GANG

MERENCANAKAN RUMAH DALAM GANG

oleh : Rudy DEWANTO, Architect
Merenovasi hunian didalam gang memang sedikit merepotkan, apalagi jika sudah semua lahan terpakai untuk rumah. Beberapa waktu yang lalu saya mendapat project untuk merenovasi rumah yang posisinya didalam gang.

Sulitnya sebenanya dalam pelaksanaan karena tidak ada lahan lagi untuk menempatkan material dan keterbatasan pekerja untuk leluasa bekerja karena sempitnya area. Akhirnya saya terpaksa “memaksa” penghuni untuk pindah sementara, karena meningkat rumah adalah renovasi besar.

DENAH AWAL
Denah yang saya rombak adalah seperti gambar dibawah ini. Jarak dengan jalan/gang hanya 2m. sedangkan lebar gang hanya 3,5 m. Saya tidak akan memajukannya lagi karena sudah sangat “mepet” jalan.

Terdiri dari ruang tamu disudut kiri,. Kemudian ditengah ada ruang keluarga yang punya akses kemana saja seperti ke r. tidur utama, ruang tidur anak dan ruang makan serta dapur. Ada juga pintu yang langsung terhubing dengan halaman depan. Yang unik dari rumah ini adalah mempunyai kamar mandi yang luar biasa besar untuk ukuran rumah type kecil ini yaitu berukuran 3x3m.

Skenario yang ingin diwujudkan pemilik rumah adalah meningkat rumah ini seluas daripada rumah ini sendiri yaitu 9 x 11 m artinya saya harus membongkar atap secara keselurahan dan membangun dak beton diseluruh rumah dan membangun lantai 2 mengikuti denah dibawahnya.

PERUBAHAN
Pertama saya menjadikan rumah ini hanya punya satu pintu di depan yang saya buat model kupu tarung, karena pintu yang ditengah ternyata selama ini tidak pernah dogunakan.

Kedua, saya bongkar kamar tidur anak, saya ubah fungsinya menjadi ruang tangga dan moshola dengan mengambil sedikit lahan kamar mandi belakang. Sehinga amar mandi menjadi lebih kecil. Teras belakang saya ubah posisinya menjadi disebelah kiri.

Ketiga, pintu dapur saya hilangkan, keempat : taman saya pertahankan untuk memfasilitasi kebutuhan penghawaan dan pencahayaan didalam rumah.

NAIK KE LANTAI 2 : saya betul-betul mengikuti alur atau bentuk denah lantai satu yang saya aplikasi segaris dengan lantai dua supaya memudahkan pekerjaan konstruksi. Jadi artinya denah lantai 1 dengan lantai 2 adalah sama hanya berbeda fungsi saja.

Dilantai 2 ini saya membuat 3 kamar tidur dan 1 ruang keluarga. Serta balkon untuk menaungi teras dibawahnya. Kamar mandi sejajar atau segaris dengan kamar mandi dibawahnya, Tak lupa saya tambah ruang jemur disamping kamar mandi. Demikian hasilnya.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com