Pages

Jumat, 13 Januari 2012

JEMBATAN PENGHASIL ENERGI

JEMBATAN TURBIN ANGIN, JEMBATAN PENGHASIL ENERGI

Ini sebuah jembatan dengan model viaducts dan dapat menghasilkan energi sendiri dan tentunya terlihat futuristik. Viaduk turbin angin ini letaknya di Itali yang diberi nama "Solar Wind."


Konsep awalnya diilhami karena di Italia Selatan penuh dengan viaducts yang tidak digunakan, kemudian pejabat kota Calabria mengadakan kompetisi yang disebut "Solar Park South", yang terbuka untuk para desainer dan insinyur, arsitek atau teknik sipil untuk mendesain sebuah konsep viaduct yang mengacu kepada green desain yang peka terhadap lingkungan dengan menggunakan struktur yang ada.

Lalu sebuah konsep "Solar Wind", disodorkan oleh tim desain yang terdiri dari Francesco Colarossi, Giovanna Saracino dan Luisa Saracino, mengusulkan sebuah desain yang memiliki banyak manfaat lingkungan dan energi. Memanfaatkan ruang antara pilar jembatan, kemudian memasang 26 turbin angin, dimana turbin ini akan menghasilkan 36 juta kilowatt jam listrik per tahun!

Selain itu, sepanjang jembatan juga akan dipasang dengan panel sel surya yang dilindungi oleh plastik bening, yang bisa memproduksi listrik 11,2 juta kilowatt jam. Kurang lebih sama seperti Highline park di New York, namun jembatan ini dalam skala yang jauh lebih megah, dengan separuh sisi jembatan itu sendiri akan berubah menjadi kawasan pejalan kaki dan taman.

Pengendara mungkin tertarik untuk menikmati pemandangan pantai indah, bisa berhenti sebentar di rumah kaca ditepi jembatan dan kemudian menikmati pemandangan. Selain menikmati pemandangandirumah kaca yang dilengkapi sel surya ini, pengendara bisa berbelanja sayur atau buah yang sangat segar karena rumah kaca ini sendiri merupakan fresh market.

Konsep ini tentunya terlihat utopia (sesuatu yang sulit dilaksanakan) karena, mampu menghasilkan 40 juta kilowatt listrik (yang cukup untuk kekuatan 15.000 rumah), sekaligus menciptakan sebuah tempat untuk menikmati panorama sekitarnya, dan membeli hasil bumi segar ! Tapi meskipun utopia, masih jauh lebih baik daripada meruntuhkan viaducts-viaduct tua ini. (lori zimmer via : inhabitat )

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com