Pages

Kamis, 29 Desember 2011

Kayu vs Kaca

Kayu vs Kaca, Mengolah Wajah Rumah 2009

 


Bangunan rumah ini mencoba membawa material sederhana menjadi tak biasa. Material fasad berupa kaca dan kayu. Kaca merupakan bahan yang lazim digunakan pada rumah. Meski demikian, masih sedikit yang mengangkat hal ini sebagai unsur keindahan dominan rumah.

Mencoba dipadukan garis-garis melintang tidak beraturan, perancang mencoba mengangkat profesi dari penghuni rumah, yaitu sebagai seniman. Selain itu, penggunaan fasad berbahan kayu juga diangkat sebagai pendukung dari kebutuhan akan teras pada rumah tinggal. Dimana kayu disusun sesuai lengkung yang tercipta dari alas balkon lantai atas. sehingga, diharapkan timbul dinamisasi pada visual. Serta,  sun shading coba untuk mereduksi panas.


Fasad terdiri dari 2 material dominan, pada sisi kiri menggunakan kaca berwarna, dan sisi kanan dengan bingkai kayu. Sedangkan pada sisi kanan menggunakan batang-batang kayu yang disusun sesuai alur lengkung lantai atas. Selain itu, batang penjang dibiarkan hingga ke bawah sebagai fungsi tambah untuk teras. Serta, sebuah partisi berbahan anyaman bambu pada teras.

0 komentar:

Template by : kendhin x-template.blogspot.com